RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
............................
Mata pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan
peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi
Dasar :1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
· Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector
dan grafis berbasis bitmap
·
Mengetahui
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis bitmap
· Menjelaskan
pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi
menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menampilkan menu dan
ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
· Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector
dan grafis berbasis bitmap
·
Mengetahui
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis bitmap
· Menjelaskan
pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi
menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menampilkan menu dan
ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
Materi Ajar (Materi Pokok)
:
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menunjukan menu dan
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis
|
· Mendiskusikan
kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis bitmap
· Menyimak penjelasan
tentang pengertian menu dan ikon
· Mendiskusikan
fungsi menu dan ikon
|
· Siswa dapat
Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Siswa dapat
Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan
grafis berbasis bitmap
· Siswa dapat
Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
· Siswa dapat
Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
· Siswa dapat
Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
· Siswa dapat
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang
tidak diperlukan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
·
Guru
memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti
mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan
komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Mencari informasi tentang pengertian grafis
berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis
berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat
grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
·
Menunjukkan menu dan ikon
·
Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan
pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru menugaskan secara
random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah
dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan
tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk
dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
............................
Mata pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI :
· Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
· Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
· Memodifikasi
pengaturan dan pewarnaan teks
· Memodifikasi
pembuatan garis dan bentuk
· Memodifikasi pewarnaan pada grafis
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
· Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
· Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
· Memodifikasi
pengaturan dan pewarnaan teks
· Memodifikasi
pembuatan garis dan bentuk
· Memodifikasi pewarnaan pada grafis
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
MATERI AJAR (MATERI POKOK)
:
Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu
ikon yang terdapat dalam perangkat
lunak pembuat grafis
|
· Mendemontrasikan
penggunaan menu, tool dan icon untuk membuat gambar desain sederhana dengan
bimbingan guru
· Pemberian latihan
secara bertahap sehingga pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembuatan grafis
secara bertahap dapat meningkat
|
· Siswa dapat Mendemonstrasikan
pembuatan dokumen baru
· Siswa dapat Memodifikasi
pengaturan dan pewarnaan halaman
· Siswa dapat Memodifikasi
pengaturan dan pewarnaan teks
· Siswa dapat Memodifikasi
pembuatan garis dan bentuk
· Siswa dapat Memodifikasi
pewarnaan pada grafis
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
·
Guru
memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti
mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan
komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Mempraktikkan cara membuat dokumen baru
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Mempraktikkan cara menyimpan dokumen
·
Mempraktikkan cara mengatur ukuran halaman
·
Mempraktikkan cara mengubah warna halaman
·
Mempraktikkan cara mengatur ukuran teks
·
Mempraktikkan cara mengubah jenis dan warna teks
·
Mempraktikkan cara membuat garis
·
Mempraktikkan cara membuat bentuk
·
Mempraktikkan cara memberikan warna pada garis
·
Mempraktikkan cara memberikan warna pada bentuk
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan
pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru menugaskan secara
random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah
dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan
tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk
dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA............................
Mata pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak
pembuat grafik.
Kompetensi Dasar : 1.3 Membuat grafis dengan berbagai
variasi warna, bentuk, dan ukuran
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI :
· Membuat beberapa kreasi grafis
· Membuat sebuah karya fotografi
·
Membuat
leaflet.
·
Membuat
surat undangan
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
· Membuat beberapa kreasi grafis
· Membuat sebuah karya fotografi
· Membuat leaflet.
· Membuat surat undangan
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
MATERI AJAR (MATERI POKOK)
:
Kreasi Grafis
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat grafis
dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
|
· Mempraktekan cara membuat desain grafis untuk
percetakan
|
· Siswa dapat Membuat
beberapa kreasi grafis
· Siswa dapat Membuat
sebuah karya fotografi
· Siswa dapat Membuat
leaflet.
· Siswa dapat Membuat
surat undangan
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
·
Guru
memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti
mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan
harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Melakukan observasi ke pasar sayuran Lembang
·
Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
·
Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
·
Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan
memodifikasi garis dan bentuk
·
Mengatur pewarnaan pada grafis
·
Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish)
grafis
·
Melakukan observasi dan pemotretan di gunung
Tangkuban Perahu
·
Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
·
Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
·
Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan
memodifikasi garis dan bentuk
·
Mengatur pewarnaan pada grafis
·
Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
·
Melakukan
pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan
pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru menugaskan secara
random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah
dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan
tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk
dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
Penilaian :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar