RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ……………………..
Mata pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII
/ 2
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan
peerangkat lunak pembuat presentasi.
Kompetensi
Dasar :2.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
presentasi
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
· Menjelaskan manfaat program presentasi
· Mengidentifikasi
fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
· Menampilkan menu dan
ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
· Menjelaskan manfaat program presentasi
· Mengidentifikasi
fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
· Menampilkan menu dan
ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
MATERI AJAR (MATERI POKOK)
:
Menu dan ikon aplikasi pembuat presentasi
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menunjukkan menu
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
·
Menggali informasi manfaat program presentasi
·
Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
·
Diskusi
kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
·
Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
· Menunjukkan beberapa
menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
|
· Siswa dapat
Menjelaskan manfaat program presentasi
· Siswa dapat
Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
· Siswa dapat
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang
tidak diperlukan
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
·
Guru memberi motivasi
kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini
yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan
siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Menggali informasi manfaat program presentasi
·
Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program
presentasi
·
Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
·
Menunjukkan beberapa menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
·
Mendemonstrasikan cara menampilkan menu dan ikon
·
Mendemonstrasikan cara menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara
keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang
dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk
mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
·
Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan
pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik
yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
(nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan
perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45
menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu, ikon yang terdapat pada perangkat lunak pembuat
presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
·
Mendeskripsikan manfaat program presentasi
·
Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan
kesatu (2 jam pelajaran)
·
Mendeskripsikan manfaat program presentasi Power Point dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengidentifikasi bagian-bagian lembar kerja power point
·
Mengidentifikasi menu yang ada pada program presentasi Microsoft Power
Point
Pertemuan kedua (2
jam pelajaran)
·
Mengidentifikasi tool menu yang ada pada program Power Point
·
Mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Multi Model Pembelajaran (Model
Pembelajaran Langsunng, Praktik Model Pembelajaran Kooperatif)
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya
Sadiman, S.Pd
2. Modul
Pembelajaran Sadiman
3. LKS (Soal Uji Indikator Pencapaian Kompetensi)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
· Mendiskusikan dan
mengidentifikasi fungsi masing-masing menu tool dan ikon pada lembar kerja
power point
· Mampraktekan
beberapa fungsi dari menu, tool dan ikon pada lember kerja power point
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan
manfaat program presentasi
· Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi tentang presentasi
·
Motivasi promosi dengan media
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru mengajar siswa untuk berdiskusi mengenai
media presentasi yang masih banyak digunakan di sekolah seperti Slide film dan
OHP
·
Guru mendemontrasikan melalui layar LCD cara
mengaktifkan Power Point
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru selalu mengingat siswa agar tidak melakukan
aktivitas apapun pada saat proses pengaktifkan power point.
·
Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian
yang ada pada lembar kerja Power Point
·
Siswa diajak untuk mengidentifikasi menu-menu, sub
menu yang tampil untuk setiap menu dan mencatat beberapa menu, sub menu, menu
cascading yang penting dan sering digunakan dalam operasional
Power Point
·
Siswa diminta untuk keluar dari Microsoft
Power Point dengan cara yang benar.
Pertemuan Kedua
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa diajak untuk mengaktifkan program Microsoft
Power Point
·
Siswa berdiskusi dengan temanya mengenail
tool-tool yang ada, cara untuk menampilkan dan menyembunyikan tool yang ada
·
Siswa mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool
menu yang ada, terutama untuk tooll menu yang tidak ada dalam lembar kerja
sebelumnya
·
Siswa diajak untuk mengisi teksbox sederhana
·
Guru minta agar siswa belajar menyimpan dokumen
Power Point dengan metoda yang meraka kuasai
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI & PENILAIAN
A. Penilaian
Pemahaman Konsep (Kognitif)
(Skor 0 – 100)
1.
Apa yang dimaksud lembar presentasi ?
2.
Sebutkan dan beberapa program presentasi yang kamu
ketahui !
3.
Jelaskan apa keunggulan yang dimiliki oleh
Microsoft Power Point !
4.
Sebutlkan dan jelaskan menu-menu yang dimiliki
oleh Microsoft Power Point !
5.
Jelaskan syarat-syarat lembar presentasi yang baik
!
6.
Jelaskan nama dan fungsi dari tool menu berikut
ini
A.
B.
C.
B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)
Meliputi :
- Keterampilan mengaktifkan dan
menonaktikan MS. Power Point (1 – 20)
- Keterampilan menampilkan sub menu secara
lengkap (1 – 20)
- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu (1 – 20)
- Kemampuan
mengidentifikasi dan menggunakan tool menu (1 – 20)
- Kemampuan menyimpan dengan menu dan tool
menu (1 – 20)
C. Penilaian
Afektif (Sikap)
Meliputi :
-
Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas dengan rentang (1 – 4)
-
Ketepatan waktu pengumpulan tugas (1-4)
-
Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju,
mengkomentari jawaban teman) (1-4)
-
Sikap yang ditunjukan pada saat praktek (1 – 4)
-
Kerjasama dengan anggota kelompok atau dengan
teman di dekatnya pada saat menyelesaikan masalah (1 – 4)
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester :
XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan
perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan
menu, ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
·
Membuat
presetansi dengan templete dan wizard
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·
Membuat lembar presentasi dengan menggunakan templete yang ada
·
Membuat lembar presentasi dengan menggunakan wizard
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
·
Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
·
Seperangkat computer beserta dengan tempat
duduknya
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
· Mendemontrasikan
cara membuat slide dengan Wizard
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan
manfaat program presentasi
· Siswa dapat Membuat lembar presentasi dengan Wizard
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan
Ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa dibimbing secara STEP BY STEP untuk membuar
lembar presentasi dengan menggunakan format yang sudah ada (templete)
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru membagian lembar Kerja siswa (LKS)
·
Siswa mengerjakan LKS dengan dipandu oleh guru
mata pelajaran
·
Guru memberikan pengarahan kepada siswa yang masih
menemui kendala dalam mengerjakan LKS
Pertemuan
Ke-2 ( 2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru mendemontrasikan langkah demi langkah untuk
memformat latar belakang atau background lembar kerja presentasi
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru membagian lembar Kerja siswa (LKS)
·
Siswa mengerjakan LKS dengan dipandu oleh guru
mata pelajaran
·
Guru memberikan pengarahan kepada siswa yang masih
menemui kendala dalam mengerjakan LKS
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Penilaian
kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :
1.
Kecepatan mengerjakan LKS
2.
Kerapihan pekerjaan
3.
Kemampuan membuat dan mengubah kolom
4.
Kemampuan menyimpan file
Lembar Kerja Siswa 1
Petunjuk Pengerjaan soal
- Kerjakan
lembar kerja atau slide di atas sesuai dengan urutan
- format
background sesuai dengan tampilan
- Simpan
lembar presentasi dengan nama Presentasi 1
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat
lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan
menu, ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Membuat lembar presentasi dengan Wizard.
·
Mengatur Layout presentasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat
·
Membuat lembar presentasi dengan menggunakan Wizard
·
Mengatur Layout Presentasi
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Multi model, model
pembelajaran langsung dengan model kooperatif
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, SPd
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
· Mendemontrasikan
cara membuat slide dengan Wizard
|
·
Siswa dapat Membuat lembar presentasi dengan Wizard
· Siswa dapat Mengatur Layout presentasi
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi cara presentasi didepan umum
·
Motivasi menampilkan beberap slide dengan tampilan
yang menarik
B. Kegiatan Inti
Pertemuan
ke-1 ( 2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru menjelaskan secara langkah demi langkah untuk
membuat lembar presentasi dengan menggunakan Wizard
·
Guru mengecek pemahaman dasar siswa
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru membagikan tugas berupa Lembar Kerja Siswa
(LKS)
·
Siswa mempraktekan dengan LKS yang telah dibagikan
guru TIK dengan teknik STEP BY STEP seperti yang ada pada buku pegangan siswa
Pertemuan
ke-2 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru memberikan contoh cara untuk mengatur lembar
kerja power point dengan wizard
·
Guru mendemontrasikan cara untuk mengubah Layout
seperti latar belakang seperti warna dan gambar yang digunakan
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa mempraktekan LKS yang dibagikan guru TIK
dengan teknik STEP BY STEP
·
Guru mengecek pemahaman siswa tentang kemampuan
siswa membuat lembar kerja dengan menggunakan wizard
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru mengevaluasi
dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa diminta untuk
membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah membaca buku untuk
merangkum materi untuk minggu yang akan
datang
G. EVALUASI
Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :
1.
Kecepatan mengerjakan LKS
2.
Ketepatan dalam memilih jenis huruf, memiringkan
huruf, menebalkan huruf, menggarisbarwahi
3.
Ketepatan membuat latar belakang
4.
Ketepatan
5.
Ketepatan
6.
Ketepatan
Lembar Kerja 2
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat
lunak pembuat presentasi
Waktu :
6 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Mengatur
format teks
·
Mengatur
efek transisi
·
Menentukan
durasi presentasi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
1. Mengatur teks dengan
beberapa variasi
2. Mengatur efek transisi
antar slide
3. Menentukan durasi lembar
presentasi tampil di layar
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
· Mempraktekan format
teks, mengatur efek transisi dan durasi presentasi
|
·
Siswa dapat Mengatur
format teks
·
Siswa dapat Mengatur
efek transisi
· Siswa dapat Menentukan durasi presentasi
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
2.
Apersepsi
3.
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan Ke-1
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru membimbing siswa untuk membuat teks
dengan teknik COPY, PASTE, CUT
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
mempraktekan secara STEP BY STEP yang telah dibimbimkan guru
·
Guru memberikan latihan agar pemahaman dan
keterampilan terus meningkat
Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
mengajarkan langkah demi langkah cara untuk memberikan efek transisi pada slide
yang tampil dan telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
·
Siswa
mengerjakan latihan yang diberikan guru agar keterampilan membuat efek transisi
terus mengalami peringkatan.
·
Guru
mengadakan latihan lebih
lanjut bagi anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih, dan memberikan bimbingan
lebih intensif pada anak-anak yang masih mengalami kendala.
Pertemuan Ke-3
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
memberikan langkah-langkah untuk memberikan durasi dari slid atau lembaran
presentasi
·
Guru menginformasikan keunggulan pada slide
yang diberi slide presentasi antara lain ketepatan waktu dalam menayangkan
lembaran presentasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
1. Guru memberikan
latihan lebih lanjut dari buku pegangan siswa atau sumber lain bagi siswa yang
mempunyak kemampuan lebih.
2. Guru memberikan
bimbingan lebih intensif kepada siswa yang mengalami kendala dalam menjalankan
operasional ini.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. .
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini.
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR).
III. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Lembar Kerja Siswa 1
Kerjakan lembar presentasi dengan latar
sepreti gambar di atas, berikan durasi tampilan masing-masing sehingga dapat
tampil dalam waktu tertentu
Lembar
Kerja Siswa
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Petunjuk
1.
Bukalah
dokumen yang pernah dibuat pada pertemuan sebalumnya
2.
Ubahlah
latar belakangnya sehingga berubah menjadi gambar seperti atas
3.
Berilah
durasi pada setiap slide
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi
: 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat
presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3 Membuat presentasi teks variasi tabel grafik,
gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Menyisipkan obyek berupa picture
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·
Menyisipkan obyek ke dalam lembar kerja
·
Mengadakan perubahan, bentuk dan ukuran lembar yang bersangkutan
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku
pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga
Karya Sadiman, S.Pd
2.
Seperangkat
komputer lengkap
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
· Mempraktekan cara menyisipkan picture
|
· Siswa dapat Menyisipkan obyek berupa picture
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru mendemotrasikan cara untuk menyisipkan obyek,
siswa menyimak apa-apa yang dilakukan guru mata pelajaran TIK
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
dibimbing dalam penyisipan obyek ke dalam lembar kerja Microsoft Power Point
·
Siswa
memberikan bimbingan lebih intensif kepada siswa yang masih menemui kendala
dalam penyisipan obyek dan mengatur ukurannya
·
Guru memberikan latihan secara menyeluruh
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman buku untuk materi berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Berdasarkan LKS yang tersedia (terlampir, setiap point di
beri skor 1 – 10)
1.
Keterampilan siswa untuk menggunakan modus Clip
Art
2.
Keterampilan siswa untuk menyisipkan Clip Art
3.
Keterampilan siswa untuk mengadakan ukuran
terhadap gambar
4.
keterampilan siswa untuk memodifikasi gambar yang
disisipkan
5.
Keterampilan dan kecepatan siswa dalam mengetik
6.
Keterampilan siswa menggunakan fungsi tombol yang
telah dipelajari
7.
Kerapilhan hasil kerja
8.
Kecepatan mengerjakan secara keseluruhan
9.
Ketepatan hasil kerja dengan teks LKS
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar
Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak
program presentasi
Waktu :
2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan
diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Menyisipkan diagram
C. TUJUAN PEMBALARAJAN
Setelah proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat
1.
Menampilkan dokumen di layar dengan perintah Print Priview
2.
Mencetak Worsheet
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya SAdiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program
under windows
3. LKS karya Sadiman, S.Pd
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
·
Mempraktekan
cara menyisipkan diagram
·
|
· Siswa dapat Menyisipakn diagram
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru memberikan contoh secara STEP BY STEP
mengenai cara untuk menyisipkan diagram
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
mempraktekan cara untuk menyisipkan diagram organization chart
·
Siswa
memperaktekan cara untuk memodidifikasi diagram organizatioan chart dengan
bimbingan guru mata pelajaran di kelas
·
Guru
memberikan latihan agar siswa lebih memahami tentang membuat organizatian chart
·
Guru
memberikan contoh cara untuk menyisipkan digaram putar di dalam dokumen, diagram piramida di dalam dokumen dan cara
memodifisikasinya
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman buku untuk materi berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP
Penilaian Psikomotorik
Penilaian
dilakukan sesuai dengan LKS yang tersedia karya Sadiman, S.Pd
SUSUNAN PENGURUS PENGGERAK PEMBANGUNAN
MASYARAKAT DAERAH TERTINGGAL
2008
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII/ Genap
Standar
Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak
pembuat presentasi
Waktu :
4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Menyisipkan chart
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat
Menyisipkan chart dan
memodikasinya
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program
under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
· Mempraktekan cara menyisipkan Chart
|
· Siswa dapat Menyisipkan Chart
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru menjelaskan dan memberi contoh cara untuk
menyisipkan Chart (grafik) secara step by step
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa diberikan latihan
berupa soal sehingga dapat membuat, mengadakan perubahan terhadap chart yang
tampil di lembar kerja presentasi.
·
Guru
memberikan latihan lebih
lanjut agar pemahaman siswa mengenai cara membuat chart meningkat, dan
memberikan bimbingan intensif kepada siswa yang masih mengalami kendala.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Tugas Proyek
Carilah di majalah, buku atau sumber yang lainnya mengenai chart atau
grafik, serahkan kepada guru tik disekolah. Kerjakan tugas ini dalam Microsoft Power Point
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat
presentasi
Waktu :
4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat
presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Menyisipkan Word Art
- Menyisipkan Audio
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
·
Menyisipkan Word Art atu huruf seni ke dalam lembar kerja Power Point
·
Menyisipkan Audio ke dalam lembar kerja Power Point
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program
under windows
3. LCD Proyektor
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
· Mempratekan cara menyisipkan Word Art
|
·
Siswa dapat Menyisipkan
Word Art
· Siswa dapat Menyisipkan audio
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru menjelaskan mengenai Word Art
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
membimbing siswa mengenai cara untuk membuat Word Art Secara STEP BY STEP
·
Guru
memberikan soal tambahan bagi siswa yang mempunyai kemampuan lebih
·
Siswa yang mempunyai kemampuan kurang diberikan
bimbingan yang intensif akan pemahaman tentang materi ini setara dengan siswa
yang lain
Pertemuan Ke-1
(2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru membimbing siswa untuk mengadakan
penyisipan audio ke dalam lembar kerja Power Point
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diberikan latihan lebih lanjut mengenai penyisipan audio ke lembar kerja
·
Siswa yang
mempunyai kemampuan lebih diberikan pengayaan
·
Siswa yang
mempunyai kemampuan kurang diberi bimbingan dan perhatian lebih intensif
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
G. EVALUASI
1. Soal latihan diberikan dengan membuka
dokumen-dokumen sebelumnya dan memberi efek audio sampai siswa dapat menerapkan
pada semua dokumen
Penilian
dilakukan dengan melihat
2. Keterampilan siswa menyisipkan word Art
3. Keterampilan siswa menggunakan dialog Word Art
4. Keterampilan siswa untuk mengadakan perubahana
terhadap word Art
5. Keterampilan siswa mengaplikasikan Word Art
dalam dokumen
6. Ketermpilan siswa dalam menyisipkan audio
7. Ketepatan dalam memilih audio untuk penyisipan
8. Kecepatan dan kecermatan kerja
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI I/ Genap
Standar
Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak
program presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan
diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Mengatur efek transisi
- Menentukan
durasi lembar presentasi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Menyisipkan
slide transision
- Menyisipkan
custom animation
- Menentukan
durasi presentasi
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya
Sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
3. Seperangkat computer lengkap dengam program
under windows
4. Seperangkat LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
· Semua praktek dilakukan dengan dibimbinng
oleh guru
|
· Siswa dapat Mengatur efek transisi
· Siswa dapat Menentukan durasi presentasi
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
memberikan bimbingan cara untuk mengatur slide transision
·
Guru
memberikan bimbingan cara untuk mengatur custon animation
·
Guru memberikan bimbingan cara untuk
menentukan durasi prenstasi
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa mempraktekan secara
STEP BY STEP cara untuk mengatur slide transision
·
Siswa
mempraktekan secara STEP BY STEP cara untuk mengatur custom animation
·
Siswa
mempraktekan secara STEP BY
STEP cara untuk mengatur durasi presentasi
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
G. EVALUASI
1. (Siswa diminta untuk mengarjkan UJI INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI pada bab yang bersangkutan)
2. Penilaian yang diberikan meliputi
Keterampilan siswa dalam membuat slide
transision (1 – 10)
Keterampilan siswa dalam membuat custom
animation (1 – 10)
Keterampilan siswa dlam mengatur durasi
presentasi (1 – 10)
Soal Psikomotorik
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat
lunak pembuar presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan
diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Ø Menggabungkan dokumen presentasi dengan hyperlink
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Ø Meggabungkan dokumen presentasi dengan metoda hyperlink
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga
2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit
Yayasan Phesdia Palembang
3. Seperangkat computer lengkap dengam program
under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
· Semua praktek dilakukan dengan dibimbinng
oleh guru
|
· Siswa dapat Menggabungkan dokumen presentasi dengan hyperlink
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
memberikan gambaran sekilas mengenai hyperlink
·
Guru memberikan contoh cara membuat
hyperlink
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa mengerjakan beberapa contoh hyperlink
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja
keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : Membuat dokumen dengan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan
Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi table, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
1.
Membuat
presentasi dengan melibatkan dokumen lain
2.
Mecetak slide sebagai handout
3.
Menggunakan navigasi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan ke-1 ( 2 jam pelajaran)
1.
Mengatur urutan slide
2.
membuat navigasi
3.
menyusun bahan presentasi yang melibatkan dokumen lain
Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
4.
mencetak slide sebagai Hand Out
5.
Melakukan packing / Publising
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah
air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
3. Seperangkat computer lengkap dengam program
under windows
4. Lembar Kerja Siswa
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
· Mempratekan cara mencetak handout
|
·
Siswa dapat Menggunakan
navigasi
·
Siswa dapat Membuat
presentasi dengan melibatkan dokumen lain
·
Siswa dapat Mencetak
slide sebagai handout
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru membimbing
langkah demi cara untuk membuat navigasi
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
membimbing langkah demi langkah untuk membuat presentasi yang melibatkan
dokumen dari tempat lain
·
Guru memberikan bimbingan cara untuk mencetak
lembar presentasi dalam bentuk handout
Pertemuan ke-2 ( 2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa mempraktekan cara
untuk mencetak handout
·
Guru
memberikan langkah-langkah cara untuk mempublis halaman presentasi
·
Siswa mempublish lembar kerja presentasi dan
mengeceknya dalam internet explorer
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
G. EVALUASI
1.
Tanpa melihat buku, lengkapi tabel berikut ini:
Gambar Tombol
|
Nama Tombol
|
Fungsi
|
2.
Buatlah tombol aksi seperti pada tampilan slide
berikut ini
3. Buatlah data berikut dalam dalam MS. Excel
Simpan dengan nama tabel-1, buat grafik dengan tabel diatas dengan
jenis grafik bar mendatar dan bar tegak.
Beri judul grafik ”Grafik Perkembangan Ulangan TIK”
a. Lengkapi tabel berikut ini, tanpa melihat buku ataupun catatan
Nama Icon
|
Fungsi dan Kegunaan
|
Import File
|
|
View Datasheet
|
|
By Row
|
|
By Kolom
|
|
Data Tabel
|
|
Chart Tipe
|
|
Line Axis
|
|
Line Y-xis
|
|
Legend
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Soal Ujian Semester
Petunjuk :
1. Walaupun ujian
semester dilakukan pada Kompetensi Dasar terakhir, tetapi soal-soal ini dapat
digunakan untuk mengetes daya ingat anda terhadap materi yang telah dipelajari.
2.
Pilihlah salah satu jawaban yang benar !
1. Kegunaan dari Microsoft Power Point adalah .....
- program pengolah kata
- program pengolah data
- program pengolah
- program pengolah presentasi
- program pengolah database
2. Pada Microsoft Power point terdapat 3 menu
yaitu menu pokok, menu pull down dan menu pop up, yang merupakan menu pull down
view adalah ...
A. Open
B. New Silide
C. Normal
D. Font
E. Macro
3.
Dibawah ini merupakan fungsi dari Menu Format
KECUALI...
A.
Memberi Bullet dan Numbering
B.
Mengatur Spasi
C.
Mengubah latar belakang
D.
Mengatur ukuran slide
E.
Membuat animasi
4.
Jika kita menambah halaman slide baru maka yang
dipilih adalah ...
5.
Untuk menyisipkan Obyek diagram maka pada Taks
pane yang dipilih adalah
6.
Ikon pada contain layout berfungsi untuk untuk ....
A.
menyisipkan grafik
B.
menyisipan clip organiser
C.
Menyisipkan tabel
D.
Menyisipkan sound
E.
Menyisipkan picture
7.
Fungsi dari gambar / icon adalah ….
- slide
desain
- slide
view
- slide
kontrol
- slide
end
- slide
show
8.
Perhatikan urutan perintah berikut ini
[1] Klin Menu
File
[2] Pilih dan
Klik New
[3] Pilih Form
Desain Templete
[4] Pilih salah
satu untuk latar
Langkah perintah
di atas adalah ....
A.
mengatur posisi kertas
B.
menyisipkan latar slide
C.
mencetak slide
D.
mempublikasikan silde
E.
menghapus slide
9. Pernintah untuk menyimpan slide adalah
A. File-Save
B. File-Save As
C. File-Open As
D. Edit-Save
E. Edit-Dokumen
10. Perintah untuk
menyimpan dokumen slide ke dalam bentuk HTML adalah ….
A.
File Save
B.
File Save As
C.
File Save As Web Page
D.
File Save As HTML
11. Placeholder atau teks box adalah ...
A. Tempat untuk mengatur teks
B. Tempat untuk memasukan teks
C. Tempat untuk memasukan latar belakang
D. Tempat untuk menyimpan teks
E. Tempat untuk teks
12. Perhatikan gambar dibawah ini:
Fungsinya adalah ….
- membuat
Slide dengan format yang ada
- membuat
slide dengan format sendiri
- membuat
slide dengan ururan sendiri
- membuat
slide dengan gambar bebas
- membuat
slide dengan kombnasi warna
13. Langkah untuk
mengubah ukuran slide adalah ...
A.
View Size
B.
View-Zoom
C.
View-All
D.
View Cange
E.
View-Percent
14. Untuk mengatur warna
latar belakang perintahnya adalah ...
A.
Foramt Background
B.
Format teks
C.
Format Slide
D.
Format Dokumen
E.
Format Slide Desain
15. Untuk menyusun
diagram radial maka yang benar memilih angka
....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5 atau 6
16. Untuk menyisipkan
grafik maka dari contain layout memilih
ikon ....
A.
B.
C.
D.
E.
17. Perintah Movie and Sound berfungsi untuk ....
A. menyisipkan gambar
B. Menyisipkan audio
C. Menyisipkan animasi
D. Menyisipkan dekorasi
E. Menyisipkan bilangan
18. Maksud dari dialog
berikut ini adalah ….
A. Apakah akan membunyikan sound secara manual
B.
Apakah akan membunyikan soud secara otomatis
C.
Apakah akan membunyikan soud secara bertahap
D.
Apakah akan membuat soud secara manual
E.
Apakah akan membuat soud secara otomatis
19. Fungsi dari Animasi
schemes adalah ...
A.
Mengatur animasi sendiri
B.
Mengatur animasi yang sudah ada
C.
Menbuat animasi sendiri
D.
Menggunakan animasi yang ada
E.
Menggabungkan animasi
20. Untuk mengatur perpindahan
dari satu layar ke layar lain berpindah secara horizontah, perintahnya adalah
pada ...
A.
Animasi Schemen
B.
Slide Animation
C.
Slide Transition
D.
Slide Show
E.
Slide Custom Animation
21. Perhatikan gambar
berikut ini:
Untuk mengatur
masukan tulisan atau gambar ke layar menggunakan ...
A.
Entrence
B.
Emphasis
C.
Exit
D.
Motion Paths
E.
Tidak ada yang benar
22. Motion Paths
berfungsi untuk ...
A.
Membuat animasi arah gerak
B.
Membuat animasi diam ditempat
C.
Membuat animasi keluar laya
D.
Membuat animasi masuk layar
E.
Membuat animasi keluas masuk layar
23. Pada Custom Animation ada pilih Wave, jenis
animasinya adalah ...
A. Gerak dari atas ke bawah
B. Gerak seperti alunan gelombang
C. Gerak seperti ayunan
D. Geraj seperti putaran roda
E. Gerak bolak balik dan berputar
24. Untuk menghapus efek animasi …
A.
A. Entrence
B.
Emphasis
C.
Exit
D.
Remove
E.
Add Effek
25. Perhatikan tampilan
slide dibawah ini:
Pernyataan yang
SALAH adalah
A.
Slide di atur dalam durasi
B.
Slide bebas ditampilkan
C.
Slide 1 mempunyai durasi 11 detik
D.
Menggunakan Rehearse Timing
E.
Slide 4menggunakan waktu rehearse 4 detik
26. Untuk menghubungkan
teks / gambar ke dalam dokumen tertentu adalah ...
A.
Chart
B.
Audio
C.
Hiperlink
D.
Rehearse Timing
E.
DeskTop
27. Untuk menghilangkan
Hiperlink adalah .
A.
Copy Hiperlink
B.
Remove Hiperlink
C.
Delete Hiperlink
D.
Use Hiperlink
E.
Cut Hiperlink
28. Yang dimaksdu dengan
Hand Out adalah
A.
Hasil Cetakan di printer
B.
Hasil Copian dari Layar
C.
Dokumen di dalam Power Poin
D.
Hasil Priview
E.
Hasil Publikasi
29. Untuk publikasi
biasanya menggunakan .
A.
Dokumen Copy
B.
Dokumen HTML
C.
Dokumen Word
D.
Dokumen Excel
E.
Dokumen Power Point
30. Untuk melihat
simpanan publish dalam bentuk HTML adalah ...
A.
Open Web Page Priview
B.
Use Web Page Priview
C.
Open Web Page Priview
D.
File Web Page Priview
E.
Edit Web Page Priview
Dnload nya gimna tolong
BalasHapusTolong wnload nya gimna lah
BalasHapus